Akhirnya Kena Sinusitis Juga

Sabtu malam, 28 Januari 2017, saya pikir akan jadi hari libur menyenangkan bersama Ghifa & Bapak. Ternyata saya salah.. Sudah seminggu kena flu berat yang kata admin saya di Bali, seperti habis digebukin, ditambah malam itu telinga terasa penuh dan sakit. Rasa-rasanya mirip kejadian seperti dulu, but much worse. Sakit deh! Bikin pusing, bikin jalan oleng, bikin sakit gigi juga.

Dibawa tidur enakan, tapi kalau sudah beraktifitas seperti biasa, wassalam deh. Suara-suara yang tadinya stereo macam tangisannya Ghifa udah ga kedengeran lagi. Minggu mau berobat ke mana? Dokter ga ada. Kalo ke dokter umum saya pasti kurang puas sama jawabannya.

Seninnya, saya meluncur daftar dokter THT di Klinik Nidea. Jam 19.00 prakteknya. Tapi jam 18.00 ditelponin dokternya lagi operasi & ga jadi datang. Okeeeiii, saya beralih ke RS. Bhakti Asih. Sama praktek jam 19.00 juga, tapii dokternya sakit. Emang ga boleh berobat hari ini kali ya… *pengen nangis* Akhirnya bertahan cuma minum anti nyeri & kompres anget-dingin gantian. Paringono sabaaar, Gustiii…

Selasa malam nekad, daftar ke yang lebih jauh dari rumah, ke RS. Mulya. Ini udah pasrah, kalo dokternya ga ada lagi, saya bakal nunggu Kamis buat periksa ke RS. Medika Lestari yang deketan. Lama? Biarin. Eh tapi memang Allah ridho nya saya berobat sama dr.Gustav, akhirnya ketemu lagi di RS ini. Ternyata beliau praktek di RS. Mulya sekarang. Thank God. Bukannya apa-apa ya, saya salah satu tipikal orang yg lebih seneng “ngejar” dokter ketimbang RS, sama seperti waktu lahiran dulu ngejar di mana dr. Andri berada. Secara beliau2 ini sudah tau history pengobatan saya sebelumnya.

Kesan pertama waktu daftar… RS. Mulya sekarang beda banget waktu saya masih kecil. Sekarang lebih “wah” baik gedung & pelayanannya. Kisaran tarif periksa jangan ditanya, karena slogan ada harga ada rupa itu benar adanya. Meskipun demikian, RS ini melayani BPJS. Ada sistem deposit melahirkan juga bagi ibu-ibu yang berniat melahirkan di sana, ini yang bikin tertarik 😉

Awal daftar sih kelihatannya sepi. Begitu menjelang jam praktek 19.30 mulai rame pasien berdatangan antri di poli-nya. Saran saya kalau mau berobat ke RS, tanyain bisa daftar via telepon atau nggak, ini cukup membantu memperkirakan mau datang jam berapa.

Meskipun sudah pernah berobat ke THT, tetap aja bikin grogi. Serem aja kesannya sama alat-alatnya, hehehe.. Setelah dilihat telinga kanan-kiri-hidung. Ternyata saya kena sinusitis. Kelihatan di monitor, sinusnya terinfeksi. Mungkin karena cara membuang lendir di hidung yang terlalu lebay, ditambah sekantor kena flu semua! Parah deh. Bapak selalu bilang nggak baik parnoan. Tapii saya rasa ini perlu disosialisasikan. Kalau kamu, kamu, dan kamu semua batuk/flu, PLEASE… Tutup mulut & hidung dengan saputangan, tissue, atau ditutupin pakai lengan pakaian. Apalagi di ruangan ber-AC. Gunakan masker juga kalau masih rajin batuk-flu. Ini demi kesehatan kita & tanggung jawab sosial kita ke sesama untuk tidak menularkan penyakit ke orang lain. Jangan anggap remeh batpil ya, pembaca.Every drops of you mucus, can infect other people yang sedang dalam kondisi tidak fit. Kalo orang sakit, jadi ga konsen kerja, tapi hanya karena batpil ga mungkin libur kan? Anak-istri juga butuh makan. Ketika sampai di titik terparah di mana kepala nggliyeng berat & demam, akhirnya tuh orang cuti juga.

Yang saya tekankan di sini, infeksi virus & bakteri itu buanyak jenisnya. Batpil biasa & batuk akibat infeksi paru-paru gejala awalnya kita nggak pernah bisa bedain sendiri. Yang mana berbahaya kalau anak kecil ketularan. Orang-orang yang sistem imunnya kurang juga kasian kan kalau sampai ketularan.Saya pribadi mesti menggunakan masker meskipun di rumah. Kata dr. Gustav, Ghifa bisa ketularan terlebih saat nenen. Sayangnya terlambat, karena Ghifa juga udah ketularan batpil dari temen-temen mainnya. Pada ga tahan cium-cium bayi yang satu ini >,<

Trus obatnya apa?? Yaa seperti biasa. Antibiotik, anti alergi plus dekongestan, & Breathy Nasal Spray. Idih, kesannya pelit yaa yang disebutin merk cuma Breathy aja. Soalnya saya nggak mau dijadikan acuan untuk mengobati diri sendiri tanpa penegakan medis yang jelas, alias ke dokter. Breathy sendiri bukan obat ataupun antibiotik, melainkan larutan garam fisiologis. Fungsinya untuk melarutkan lendir di saluran pernafasan & membuat hidung lembab, yang manaa kalau di ruangan ber-AC bikin hidung kering. Dari dulu udah ngerti tapi nggak berani pakai, hehehe..

Pantangannya apa? Blow your nose, atau membuang lendir di hidung. Bikin sinus makin nyut-nyut & telinga makin tersumbat akibat tekanannya. Kalau kamu baca di WikiHow tentang menghilangkan sumbatan telinga, ada penjelasan namanya Valsava Maneuver. Yaitu menghembuskan nafas melalui hidung tapi hidungnya ditutup. Menurut saya, ini ga perlu dilakukan. Kenapa? Karena bertolak belakang dengan penjelasan dokter. Beberapa orang mempraktikkannya berhasil memang, tapi di kasus saya, ini sangat menyakitkan bagi telinga. Even if i blow my nose gently, tekanan di telinga makin parah. Perlakukan telinga, hidung & tenggorokanmu dengan hati-hati. Karena kalau sakit, kita nggak bisa lihat kenapa-kenapanya tanpa bantuan tenaga ahli.

Biayanya berapa? Hemm… Jawaban netralnya sih tergantung kasusnya kenapa. Kalau jawaban jujurnya, kisaran 800ribuan habis untuk mengobati penyakit saya ini, sudah termasuk obat tentunya. Sehat itu mahal yess.. Mulai sekarang saya pribadi mesti inget untuk ga maksa buang ingus pas kena flu. Ga mau sakit gini lagi ketiga kalinya, hikss..

Maaf yaa nggak bisa menyelipkan gambarnya, wong letaknya kan di dalam hidung & telinga. Kan nggak etis juga foto-foto gambar “daleman” di ruang praktek meskipun si dokter tahu saya nge-blog. Hohoho..

Tinggalkan Balasan

