Tahap Awal Kehamilan

Akhirnyaaa… Setelah berkutat dengan Provera di postingan sebelumnya, penantian saya berakhir sudah. Sudah hampir setahun juga ya enggak posting yang baru-baru. Hehehe… Kenapaa? Karena.. Alhamdulillah saya hamil.

Allah Maha Baik, saudara-saudari 🙂 Setelah ga haid-haid juga setelah minum Provera, saya beranikan diri untuk test pack. Pertama kali, hasilnya samar. Berikutnya baru tegas 2 garis! Dari yang murah sampai yang mahal test pack saya cobain. Karena sempet kesel juga sih, cek ke bidan dibilangnya masih negatif.

20150823_191431ini nih hasil testpack saya yang kata bidan “negatif”

Pindah bidan, dinyatakan hamil 4 minggu tapi belum teraba. Disuruh tunggu 2 minggu lagi untuk melihat apakah janin berkembang atau tidak. Dalam hati sih ngomong pasrah deh, tapi masak iya bakalan BO lagi?? Hari Seninnya saat saya kerja, keluar flek! Enggak mau stress, saya & suami meluncur ke dokter waktu kuret dulu.

Maaf kalau menyinggung ya, Dok. Tapi waktu saya cerita keluhan saya, dr. Andri kelihatan agak males nanggepinnya. Mungkin karena saya udah berkali-kali USG karena flek nggak jelas yang ternyata bukan hamil! Yaiyalah, dokter kandungan disuruh meriksain rahim sehat yang belum ada bayinya nggak seru kali ya. Tapi ternyata saya benar-benar hamil! Kantong kehamilannya sudah terlihat tapi janinnya belum adaa. Dikasih vitamin aja & mesti kontrol 3 minggu lagi untuk memastikan janin berkembang atau tidak. Biarkanlah, kali ini Allah yang akan menjawab doa saya.

Pada waktu 6 minggu, mulai deh mual-mual. Alhamdulillah… Saya yakin kali ini janin saya sehat! Soalnya selama bulan puasa, saya berdoa supaya saat hamil lagi saya boleh merasakan yang namanya mual-muntah. Hehehe.. Maklum, waktu BO kemarin anteng-anteng aja tuh. Berkah-Nya sungguh tak terduga. Di saat saya memasrahkan diri kepada-Nya, rencana-Nya menjadi nyata 🙂

Usaha-usaha yang saya lakukan selama ini :

  1. paling pertama, bersyukur & berbahagia! Sudah diberikan jodoh yang saya impikan selama ini. Pasrahkan diri & perbanyak doa, terutama pada saat mau berbuka puasa. Pernah baca di salah satu artikel islami bahwa doa yang sangat mungkin dikabulkan adalah waktu mau berbuka di bulan ramadhan. Setelah itu, bebaskan pikiran, menikmati waktu bersama suami. Entah nonton, ke toko buku, pokoknya have fun! Memang sih pada saat spending time ini, saya masih pengobatan dengan pil KB.
  2. Konsultasi dengan PCOS fighters Bu Merry di FBnya Solusi for PCOS. Disarankan minum omega 3 & royal jelly. Saya beli royal jelly-nya sama dia. Kalau omega 3 nya beli yang Virgin Salmon Fish Oil merk Nature’s Health. Eh tapi kalau mau pake versi murahnya bisa minum omega 3 yang suka dijual di Indomaret itu.
  3. Minum jus tomat+wortel+apel tiap hari, meskipun 1 gelas bir untuk berdua – tapi harus tiap hari!
  4. Pernah coba minum bubuk kayumanis+madu+air hangat di pagi hari sebelum makan apa-apa. Enegh! Enggak diterusin lagi. Ternyata salah cara minumnya ya. Saya minum sama ampas2nya. Pantes aja seret, hahaha..
  5. Yoga sebelum tidur. Kenapa? Soalnya saya bukan morning person ya. Ribet aja rasanya. Belum lagi jarak rumah-kantor lumayan jauh. Persiapan bikin bekal dll sudah makan waktu banyak. Download aja gambar2nya bikram yoga. Atau ngikut Youtube judulnya Yoga for PCOS, banyak sih tapi saya nontonnya yang orang India. Oiya, saya ikutin 26 Postures of Bikram Yoga dari sini.
  6. Bawa bekal sendiri. Yup, tiap hari saya bawa bekal nasi merah + sayuran hijau yang buanyak. Kalau PCOS kan resisten insulin yah, jadi meskipun saya enggak gemuk, saya tetap menghindari yang manis2. Stop dulu makan sosis, nugget, sardin kaleng. Menghindari tempe, tahu, kacang kedele, ayam negeri bahkan daging sapi. Karena kata bu Merry, itu semua mengandung hormon. Kalau masak masih pake MSG sih sedikit, yang merk Totole (meskipun katanya msg alami, tetap aja sih MSG). Bakso, mie ayam, burger masih boleh lah seminggu sekali saat cheating day.
  7. Minum obat dari dokter yang teratur + yakin. Yakin aja kalau pengobatan yang saya jalani ini bisa mengobati PCOS saya. Kebetulan diharuskan minum pil KB yang tepat waktu, hehe. Plus vitamin Ovacare.
  8. Untuk susu. Pertama promil sempat minum susu persiapan kehamilan macam iklan di TV itu. Tapii karena saya PCO, hasil konsultasi dengan Bu Merry, lebih baik minum susu kambing. Pernah coba merk GMH yang rasa coklat, tapi ga saya terusin. Yang saya beli sebelum hamil tu Susu Aulia (susu kambing etawa). Hasil googling di forum-forum juga tuh susu. Saya beli yang rasa original, karena pikir saya kalau rasa-rasa pasti ada gula tambahan lagi. Buat yang mikir rasanya aneh, percayalah… Rasanya mirip santan kelapa. Hehehe

Begitulah usaha-usaha yang saya lakukan.. Kalau kata manager saya, usaha apapun kalau tidak diyakini dan dibawa dalam doa, semua sia-sia. 🙂

IMG_20150925_091437

ini dia sudah kelihatan di 8 minggu 🙂 Alhamdulillah

Tinggalkan Balasan

