Infeksi Amandel

Dan semua ini berawal dari ketelen tulang ayam sepertinya. Ibu sy biasa bikin ayam rica2 dengan motong sendiri ayamnya. Mungkin pecahan tulangnya sedikit menggores amandel sy yang emang udah ga enak dari kemarin.

Sempet berobat ke dokter umum. Dikasih antibiotik untuk 3 hari, udah mendingan. Ga terlalu sakit menelan lagi. Cuma emang dasar sy bandel dan hujan deraas di hari Minggu, bikin sy ga belanja sayur. Udah tau habis radang, malah makan goreng2an terus. Akhirnya kumat lagi dehh -__-”

 

20150204_230026

 

lihat kan putih2 yang nonjol di amandel itu tuh?

 

Kali ini ga sakit menelan, cumaa rasanya ada yang mengganjal di leher bagian kiri. Seperti ada yang nyangkut (atau emang itu duri / tulang masih beneran nyangkut). Yang bikin parno adalahh di amandel kanan muncullah bintik putih. OMG!! Ini apa? Yang sakit yang kiri, koq putih2nya di kanan??

Jujur, sy orangnya teramat sangat parno dgn hal2 yang mengancam kesehatan (atau malah phobia kali). Maksain ke dokter THT besoknya. Niatan berobat langsung sedikit berubah begitu flash back tentang kunjungan terakhir. Yang mana dokternya baik n ramaaah banget ~~~ semangat ngantri di RS!!

Agak kecewa dokternya beda, tapi yang ini justru menjawab pertanyaan sy tanpa sy tanya sebelumnya. Pertama2, tenggorokan sy dilihat pake alat yang tangkainya panjaang dan di ujungnya ada senter + kamera. Tampak amandel kanan terdapat detritus (yaa bintik putih meresahkan itu) dan amandel kiri tersipu malu dengan merahnya yang teramat sangat girlie ituh. Habis itu rongga hidung diperiksa dengan alat yang sama.

Hasilnyaa, dokter bilang ini kelihatannya infeksi amandel berulang. Dan memaang hampir 3 mingguan, ini tenggorokan masih ada yang ngganjel rasanya. Detritus itu adalah hasil dari perlawanan antibodi dengan kuman (ibaratnya nanah gitu kali ya? meskipun kata dokter beda). Sedangkan yang masih hiperemis banget (bengkak) itu belum mengeluarkan putih2 itu karena masih berjuang ngelawan bakterinya. Dikasih antibiotik khusus untuk mukosa (kelihatannya spektrumnya lebih luas dan maafff banget, ga berani sebut obat cz takut beda diagnosis dgn dokter anda), terus anti nyeri sama betadine gargle. Katanya putih2 itu nanti akan keluar sendiri dan bauu banget. Habis curhat ini itu dan bayar, sy pulang dengan berbunga-bunga πŸ˜€

3 hari udah lewat. Amandel rasanya udah ga sakit lagi. Begitu ngaca, putih2 itu ilang. Mungkin udah ketelen kali ya. Tapi yasudahlah. Thanks to dokter THT entah siapapun namanya dirimu yang pake stempel dokter Gustav, dikau baiiiikk sekali. Meskipun ga ditanya, dia tau apa yang mau ditanya. Dan mengusir gegana-an dalam diriku yang ketakutan gara2 amandel ini. Buat semuanya yang baca positng ini, jangan takut ke dokter ya, apalagi dokter THT. Sehat selaluu.. πŸ˜‰

Iklan

5 thoughts on “Infeksi Amandel

  1. ade berkata:

    Mbak itu bentol2 di blakang lidah apa tidak apa2 ya ? Soalnya lidah saya juga bgitu , dan saya rdang tenggorokan

    • devysworld berkata:

      Maaf slow respond ya mas. Bentol2 yang dimaksud itu yg di pangkal lidah itu ya? Itu normal kok, kalau tidak salah namanya Circumvallate papillae. Bukan dalam kondisi radang pun, di bagian pangkal lidah memang ada tonjolan2 seperti itu. Tenang aja mas πŸ™‚

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s