Haid Sedikit dan Sebentar (2)

“Seminggu setelah Light Period (ya itu, haid yg sedikit dan sebentar) koq perut terasa mulas dan haid lagi? Kali ini jumlah dan lama harinya seperti haid biasa. Mengapa?”

Kebanyakan wanita yang baru saja mengalami hal seperti di atas pasti bertanya2, cenderung panik dan stress memikirkannya. Harap tenang, karena ada penjelasan medis untuk ini. Sayangnya buku saya mengenai hormon tergilas habis oleh banjir (hiks T.T)… Tapi tentu masih ada yang bisa saya bagikan kpd anda. Jadi begini, tubuh kita memiliki bermacam2 hormon yang mengendalikan fungsi tubuh. Stress, diet, polusi, dan berbagai faktor lainnya mempengaruhi hormon2 ini dan kemampuannya untuk mengatur fungsi tubuh.

Sebagian besar wanita mampu mengatasi stress emosional yang melanda. Akan tetapi ada saatnya stress yang anda alami terlalu akut sehingga membuat hormon terganggu. Biasanya kehilangan orangtua / orang2 yang ada sayangi, kehilangan pekerjaan, bangkrut, dll menjadi alasan anda terlalu stress. Saat ini terjadi, wanita bisa mengalami perubahan dalam siklus haidnya, termasuk haid 2 kali dalam sebulan.

Dilansir dari Hubpages, estrogen mengatur lapisan rahim anda menebal dan progesteron membuat lapisan rahim meluruh ketika haid. Katakanlah anda mengalami stress berat saat ini. Stress mencegah tubuh anda memproduksi kadar progesteron yang cukup untuk meluruhkan lapisan rahim. Jadii, lapisan rahim anda terus menebal hingga dapat meluruh dengan sendirinya.

Ketika siklus haid anda terganggu ketidakseimbangan hormonal dan berhenti hanya dalam beberapa hari, peluruhan itu tidak selesai begitu saja. Bayangkan bila haid anda terhenti di hari ke 5 atau ke 6, sedangkan anda normalnya berhenti haid di hari ke 7 atau ke 8. Ketidakseimbangan hormon menjaga kadar estrogen dan progesteron tetap tinggi selama seminggu atau lebih. Ketika kadar progesteron menurun, anda akan haid lagi.

Jadi ini normal atau ga? Tergantung. Sebagian besar wanita (pasti) mengalami ini sedikitnya sekali atau dua kali dalam kurun waktu tertentu. Tapi beberapa orang yang sering mengalami ini juga bukan berarti harus kuatir. Segera periksakan diri ke dokter apabila anda mengalami kram perut yang hebat, jumlah darah yang terlalu banyak, nyeri, atau cairan yang keluar berbau aneh atau busuk.

Stay out of stress, drink enough fluid, and take enough rest. Cara terbaik untuk mengistirahatkan tubuh kita agar dapat berfungsi optimal 🙂

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s