Haid Sedikit dan Sebentar

Dari judulnya aja udah ketauan ya. Dan ini buat saya mengerikan. Padahal kalau dalam keadaan normal, panjang period saya itu 7 hari dan sakiiit sekali dalam 6 jam pertama.

Kebiasaan haid tiap wanita memang beda2. Tapi bagi diri saya sendiri sudah beda2 (lho?). Kalau habis aktifitas berat (yang menurut sy melatih cardio) seperti naik gunung ataubersepeda di Tamini, haid jadi ga sakit dan siklusnya maju. Padahal biasanya selalu mundur, siklus rata2 saya 30 – 32 hari.

Kali ini, 4 bulan setelah kuret, haid saya berubah secara mengejutkan. Maju 4 hari dari seharusnya, jumlahnya sedikit seperti flek, berwarna pink. Dalam waktu 3 hari, sudah tidak membekas lagi di cd. Hanya hari keempat ini masih sedikit berbekas bila diseka tissue. Sudah terbayang yang aneh2. Googling sana sini nemu kemungkinan yang bikin tambah stress. Seperti perlengketan rahim akibat kuret, radang / infeksi, sampai abortus spontan.

Hal pertama yang ada dalam pikiran saya adalah testpack. Apabila positif, berarti memang abortus. Tapi alhamdulillah hasilnya negatif. Apakah kanker atau perlengketan? Aarrgh.. saya stress! Akhirnya suami mengajak ke dokter yang menangani saya waktu kuret. Dijadwalkan USG pada hari rabu di RS. Permata Ibu.

Thanks to dr. Andri yang baaiiiik banget ngejelasin sama saya apa yg terjadi. Hasil USG saya lihat normal, tidak ada perlengketan, tidak terindikasi infeksi (alhamdulillah). Hal ini terjadi akibat stress dan kelelahan yg berakibat ketidakseimbangan hormon. Apalagi waktu hari Minggu-nya, sebelum dan setelah naik Gn. Pangrango saya makan mie instan terus.

Melegakan? Ga juga. Emang dasar saya masih parno aja. Tapi saya ingat betul kata dr. Andri, mau haid banyak atau sedikit, lama atau sebentar, maju atau mundur, semua berawal dari aktivitas otak kita. I can’t imagine that stress can make such a huge effect for my cycles. Baiklah… No more parno, stop googling, stop instant food, dan tetap minum vitamin. Insya Allah, karunia itu ga lama lagi datangnya. Amiin…

Tinggalkan Balasan

