Meningkatkan Kesuburan Pria

Setelah browsing macam2 di google, saya punya beberapa pilihan untuk meningkatkan kesuburan sii ayah. Selain ga mau BO berulang, saya pikir asupan vitamin juga berguna bagi kesehatannya. Berikut beberapa pilihan saya…

  • Asam Folat. Wanita butuh asam folat agar pembentukan janin sempurna, tapi si ayah juga perlu asupan yang satu ini. Untuk perkembangan sel dan agar si ayah juga dapat menyerap nutrisi dari makanan maupun vitamin dengan lebih baik.
  • Vitamin C. Si ayah emang susah klo disuruh berhenti merokok, sekalipun dokter paru2 dan dokter obgyn sudah memperingatkan. Meskipun mungkin sudah telat, saya minta ayah minum vitamin c untuk menangkal racun2 akibat rokok. Katanya sih, asupan vitamin c bisa mengurangi keinginan ayah untuk merokok. Tapi sayangnya hal ini belum berhasil terjadi sama si ayah.
  • Vitamin E. Semua tahu klo vitamin E banyak berperan untuk kesehatan kulit. Tapi ternyata vitamin E juga berguna untuk kesuburan. Ga cuma untuk wanita, bagi pria vitamin E ini juga penting.
  • Zinc. Paling umum, orang tahunya zinc hanya untuk anak yang diare. Padahal selain itu, zinc sangat diperlukan untuk kesuburan pria, mencegah kerontokan rambut, meningkatkan imunitas, dan menjaga kesehatan mata.
  • L-Carnitine. Kalau menilik dari iklan susu, biasanya yang satu ini terdapat di suplemennya body builder. Tapi kegunaan lainnya, ternyata dapat meningkatkan jumlah sperma dan kelincahan gerakan sperma.

Kalau ga mau ribet, carilah vitamin yang mengandung hal2 tersebut di atas. Untuk si ayah, biasanya selain minum vitamin, rajin2 saya masakin makanan yang bergizi. Telur rebus, tauge, sayuran hijau, dan jus tiga diva (apel, wortel, tomat) bisa jadi pilihan dalam menu harian ayah (dan juga ibu).

Update tanggal 24 Juni 2015….

Baru dengar nih dari rekan kerja, kalau omega 3 juga baik untuk kesuburan. Omega 3, 6, dan 9 termasuk asam lemak essensial. Semuanya ini, meningkatkan sirkulasi darah ke organ genital, membantu menurunkan tekanan darah, dan meningkatkan produksi sperma. Akan tetapi sebelum mengonsumsi omega 3 sebaiknya konsultasikan dulu ke dokter anda. 🙂

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s