Depresi yang Mengganggu

Well, tiap orang pasti nggak ada yang suka depresi. Orang yang depresi merasa otaknya overloaded, wajahnya lebih kisut dari balon kempes dan hatinya digantungi jangkar yang berat.

Hal – hal yang menjadi beban orang depresi bisa beragam. Misalnya masalah ekonomi (a.k.a nggak punya duit), putus cinta, masalah keluarga, melakukan hal yang memalukan yang nggak bisa dilupakan, dan sebagainya.  Sayangnya, setiap orang yang berhubungan dekat dengan Odep (saya menyebutnya odep = orang dengan depresi)  juga tidak menyadari apalagi membantu orang tersebut untuk merasa bahagia kembali. Seperti ibu saya misalnya. Tiap saya ceritakan apa yang menjadi masalah saya, saya tidak diperbolehkan untuk mengeluarkan ekspresi yang mana wanita biasanya menangis untuk meluapkan kekesalan atau kesedihan. Eh, jadi curhat. Hehe… Ya pokoknya seperti itulah 🙂

Jadi untuk orang – orang depresi yang membaca posting ini, berikut saran saya:

🙂  Saya tahu, permasalahan Anda memang sangatlah berat…untuk saat ini. Percayalah bahwa esok Anda masih dapat menemukan jalan keluarnya, segila apapun itu.

🙂 Walaupun  sudah dewasa,  Anda masih berhak untuk menangis. Jangan dengarkan kata – kata orang lain bahwa menangis tidak menyelesaikan masalah. Justru tangisan Anda dapat membuat Anda lega dan merasa siap untuk menemukan jalan keluar.

🙂 Ungkapkan perasaan Anda. Bicarakan langsung, dengan surat atau dengan cara tercanggih yaitu SMS. Anda mungkin menemukan kemarahan dari orang yang bermasalah dengan Anda, tapi ini poin pentingnya. Semua pokok permasalahan akan terkuak. Anda akan merasa lega sesudahnya.

🙂 Berdoalah. Resapi tiap kata – kata yang Anda sampaikan pada Tuhan. Ibadah merupakan jalan yang baik untuk menghadapi depresi.

Bila tidak bisa diselesaikan dengan kilat…?

Ambil libur paling tidak 3 hari dari pekerjaan Anda untuk meringankan depresi yang diderita. Anda dapat melakukan apapun yang menurut Anda dapat membantu Anda menemukan jalan keluar. Bila Anda tak tahu apa yang harus Anda lakukan mungkin cara menghabiskan cuti 3 hari versi saya dapat membantu: 

Hari Pertama-Anda bisa meluapkan segalanya dari pagi hingga petang hingga bosan (mau nangis, teriak, berantakin lemari, apapun terserah Anda). Saya ingatkan, ini akan membuang banyak energi. Setelah Anda benar – benar merasa bosan dengan segala keputusasaan, Anda tentu tahu apa yang mau dilakukan selanjutnya. Dengan sendirinya Anda akan menghabiskan malam dengan segala jalan keluar yang Anda inginkan. Jangan lupa rapikan semua yang telah Anda berantakin hari itu 😛

Hari Kedua– Anda perlu menikmati udara segar. Saya rasa, tak perlu ada orang lain yang menemani Anda berjalan – jalan hari ini. Nikmati dan sadari ketenangan yang Anda rasakan. Atau pilihan lain, Anda bisa mengajak teman Anda untuk berolahraga bersama misalnya berenang untuk menyegarkan tubuh Anda. Olah raga dapat membuat Anda lebih positif menghadapi permasalahan Anda.

Hari Ketiga-Anda perlu mengistirahatkan tubuh dan pikiran. Bersantailah di rumah dengan film berunsur komedi yang kuat ditemani makanan enak favorit Anda. Jangan lupa untuk menjalankan rencana yang Anda temukan pada hari pertama.

Bila anda terpikir untuk mengobati depresi Anda dengan antidepresan…?

Saya sarankan untuk tidak menggunakannya sama sekali. Apalagi beralih ke alkohol, rokok, atau drugs. Selain memperburuk kesehatan Anda, otak hanya dapat merasa tenang untuk sementara.

Ada yang  lebih baik: Komsumsi pisang dan cokelat. Pada pisang terdapat zat yang membuat Anda merasa lebih baik (atau riang), sedangkan pada cokelat terdapat zat yang dapat membuat Anda merasa relaks. Buah apel juga dapat membantu Anda bebas dari insomnia akibat depresi.

Bila tak ada yang dapat membuat Anda merasa lebih baik dan bila tak ada yang bersikap netral terhadap masalah Anda…?

Hubungi saya, curhat apapun pasti saya dengarkan. Jangan lupa bahwa Anda tidak sendirian 😀

Tinggalkan Balasan

