Artritis

imagen_artritisArtritis atau radang pada anggota gerak (sendi) terbagi menjadi 3. Yaitu Osteoartritis, Goutartritis dan Reumatoid.

Osteoartritis ialah kondisi di mana sendi terasa nyeri akibat inflamasi ringan yang timbul karena gesekan antar ujung tulang. Pada ujung – ujung tulang penyusun sendi, terdapat cairan sinovial yang berfungsi sebagai pelumas sehingga tidak terjadi gesekan antartulang yang menyebabkan terkikisnya lapisan tulang. Pada kondisi kekurangan cairan sinovial (pada umumnya manula), lapisan kartilago akan saling bergersekan dan menimbulkan nyeri.

Dapat dicegah dengan mengonsumsi makanan bergizi dan suplemen yang mengandung glukosamin (pada suplemen makanan komersial atau minuman susu tersuplementasi) atau kondroitin (pada suplemen makanan).

Goutartritis disebut juga Rematik, biasanya menyerang jari – jari kaki terutama ibu jari. Tetapi dapat juga menyerang sendo lainnya. Penyebabnya adalah meningkatnya kadar asam urat dalam darah sehingga terjadi penimbunan kristal asam urat pada sendi. Pencegahannya dapat dilakukan dengan menjaga agar tidak makan makanan yang mengandung purin secara berlebihan, seperti : daging, jeroan seperti kikil, babat, usus, ati, empela dan lainnya..

Reumatoid atau Reumatoid Artritis adalah satah satu gangguan sendi yang disebabkan oleh adanya reaksi antigen antibodi dalam tubuh. Berbeda dengan Osteoartritis (peradangan tulang) yang umumnya diderita kaum manula, Reumatoid dapat juga dialami oleh orang berusia 20 tahunan.

Pada umumnya penderita akan mengalami kaku sendi yang disertai pembengkakan, sehingga sendi sulit digerakkan. Gejala klinisnya adalah sebagai berikut:

  • kaku sendi pada pagi hari sekitar 1 jam dapat disertai rasa nyeri
  • radang pada 3 sendi disertai pembengkakan jaringan lunak
  • lelah dan lemah pada sore hari
  • berlangsung selama min. 6 minggu

Rasa nyeri yang timbul dapat dikurangi dengan obat antiinflamasi nonsteroid. Bila pembengkakan sudah sembuh, penderita dapat melakukan senam khusus artritis.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s