Tanggapan Terhadap Novel Laskar Pelangi Karya Andrea Hirata

Nama : Devy

Kelas : XII IPA

NA : 7

Novel Laskar Pelangi yang menceritakan tentang sepuluh (atau lebih tepatnya sebelas) anak di daerah Belitong yang begitu semangat belajar memberi pengaruh yang positif bagi saya. Membaca tentang kisah kegigihan mereka, saya tergugah untuk mempertahankan kegigihan untuk terus belajar dan mencintai sekolah. Saya merasa lebih beruntung karena ternyata masih ada anak – anak yang lingkungan sekolahnya tidak sebaik saya.

Akhir – akhir ini, keinginan saya untuk masuk sekolah dan belajar menjadi berkurang karena sifat dasar manusia yaitu malas. Setelah saya membaca novel tersebut, saya malu. Malu karena saya tak berusaha untuk memenangkan pertempuran dengan kemalasan. Malu dengan semangat para anggota Laskar Pelangi. Malu karena menyia – nyiakan kesempatan yang ada saat ini. Oleh karena itu saya kembali mencoba untuk tidak membiarkan diri saya tenggelam dalam kemalasan itu. Karena saya sadar, bahwa tiap orang tidak bisa maju apabila hanya bermalas – malasan seperti itu.

Selain itu, bahasa yang digunakan dalam novel Laskar Pelangi sungguh – sungguh menarik. Banyak sekali istilah – istilah yang menarik. Hal itu sangat memperkuas pengetahuan saya. Sejujurnya, saya sangat menyukai segala sesuatu tentang bahasa. Saya juga gemar sekali membaca buku. Sehingga saya tidak menemukan kesulitan untuk membaca novel tersebut.

One thought on “Tanggapan Terhadap Novel Laskar Pelangi Karya Andrea Hirata

  1. YOETI berkata:

    Sungguh bagus kau mendapatkan nilai – nilai dari “Laskar Pelangi”….
    Devy …. mudah2an semangat terus menyala2 dalam dirimu jalan masih panjang ……yakinlah bahwa kau punya potensi – potensi yang luar biasa. Teruskan kesuaanmu dalam mebaca buku karena akan memperkaya dirimu. sukses selalu….
    gapailah impian – impian yang telah kau angankan…

Tinggalkan Balasan

