Yuk, Belajar Bahasa Inggris ^^!

Ini tips buat kamu – kamu yang kayaknya susah banget bisa berbahasa Inggris.. Tips ini sih berlaku buat aQ, makanya aQ kasih tau kunci rahasiaku supaya kamu – kamu bisa dan enjoy menggunakan Bahasa Inggris.. Check this out..

  • Pastikan kalau kamu berminat dan mau berusaha untuk belajar Bahasa Inggris. Pastikan juga kamu punya kamus Bahasa Inggris, kalau ada kamus yang menyertakan pengucapannya lebih bagus lagi.
  • Kalau kita suka mendengarkan lagu – lagu berbahasa Inggris, cari liriknya. Nggak mungkin dong lagu nggak menceritakan sesuatu dan kita nggak mau tahu artinya, makanya setelah dapat lirik lagunya langsung cari arti kata – katanya di kamus.
  • Biasanya kita suka nonton film kan? Apa lagi film – film luar negeri. Kalau lagi nonton, usahakan kita menyimak kata – katanya. Kalau nggak bisa menyamakan teks Indonesia dengan Inggrisnya, lebih baik perhatikan pengucapannya yang terasa asing atau “aneh” bagi kamu, nah tinggal cari di kamus deh..
  • Cari buku – buku mengenai tenses bahasa Inggris. Supaya lebih mudah, stabilo/salin aja ke kertas lain supaya bisa dibawa-bawa. Tulis tiap tenses dengan rumusnya. Misal : Simple Present Tense, rumus= Subject + Verb/Verb-S (cth:walk/walks) + (Object) + (adverb of place)..gitu!
  • Perbanyak kosakata kamu dengan menghafalkan arti beberapa kalimat tiap hari / tiap minggunya. Sesuai kenyamanan kamu. Misal : Hari Senin=Walk,door,love; Selasa=train,order,obey; dll.
  • Jangan cuma dipakai buat menulis aja, tapi jangan lupa untuk menyertakan bahasa inggris ke percakapan sehari – hari. Kamu boleh sepakat sama temen kamu atau orang di rumah kamu untuk berbicara bahasa inggris selama beberapa menit. Atau gunakan kalimat yang “sudah biasa” dipaka, misal: (kamu lagi di jalan menuju rumah temen kamu) kalimatnya=”Iya, nih.. Aku lagi on the way to your house..” gitu!

Nah, semoga kalian bisa mengerti dan menerapkan tips – tips di atas yach.. Hitung – hitung demi kebaikan kalian juga.. Bisa baca tulisan berbahasa inggris kan nggak bikin rugi.. Selamat mencoba.. 😉

Iklan

OSN (Olimpiade Sains Nasional)

Hihi.. aQ mau cerita nih.. Pengalaman ikut OSN yang ekstrem sekali.. Udah 2 kali ikut OSN, soalnya susah – susah semua.. Waktu SMP pertama kali ikut OSN Matematika. Soalnya tuh jawabannya bener – bener nggak disangka – sangka. Yang kedua kalinya ikut OSN Biologi. Wah, itu lagi..soalnya ada yang pakai Bahasa Inggris.. Trus jawabannya panjang – panjang khususnya di uraian..

Saran bagi yang mau ikut OSN:

  1. Jangan begadang cuma buat ngafalin rumus atau bahan hafalan lain. Soalnya di tempat OSN berlangsung mulainya lama dan waktu ngerjain soalnya lama bamget, so kamu bisa ngantuk.
  2. Jangan pelajari secara cepat/kilat bahan – bahan yang ‘katanya’ dikeluarkan di OSN. Karena percuma aja kamu belajar kilat sebab soal2 OSN akan lebih mendetail sekali.
  3. Desak guru yang mengantarkan kamu OSN untuk lebih cepat sampai di tempat OSN, karena ga ada perpanjangan waktu bagi yang telat dan supaya lebih nyaman dan dapat tempat duduk yang pas.
  4. Waktu mengerjakan soal jangan habis buat menghitamkan LJK atau berpikir, karenanantinya kamu akan panik sendiri kalau yang lain udah selesai. bisa2 ngasal deh jawabannya..

Untuk sementara itu ajah.. Selamat mencoba yach..

Good Luck, everyone! 😀

Sajak Kepolosan..

little-girl.jpgAku adalah anak – anak..

Tak ingin tenggelam dalam kemunafikan..

Tak ingin terlibat dalam keangkuhan..

Tak ingin terikat dengan kasih palsu..

Tak ingin erat dengan kasih yang sementara..

Tak ingin dipeluk oleh kepedihan..

Tak ingin dirangkul oleh kelicikan..

Tak ingin disentuh oleh kesepian..

Tak ingin membuka tabir kemurkaan..

Tak ingin memakai topeng penyangkalan..

Tak ingin memikul dendam..

Tak ingin menimang prasangka..

Tak ingin bercermin pada kehancuran..

Tak ingin mengecap kebencian..

Karena Aku adalah anak – anak..

By : Myself..♥

Aku, Saya, Dia, dan Kamu

Suatu hari Aku, Saya, Dia, dan Kamu berkumpul di sebuah ruangan. Ruangan di mana khayal tak bertepi, tawa tak tertahan, namun ada sepi yang berkeliaran.

Kata Aku pada Saya, “Hari ini sungguh sial sekali. Semua ikan milikku tak bernyawa lagi..” Tapi semua tertawa.

Kata Saya kepada Aku, “Biarlah, kawan.. Lebih malang diriku. Mertuaku terkapar tak bernapas di ranjangnya yang menawan..” Tapi semua tertawa.

Dia berkata kepada Kamu, “Tabahlah, kawan.. Itu tak seberapa.. Anakku membujur kaku di jalanan..” Tapi semua tertawa.

Kemudian Kamu angkat bicara kepada mereka semua. Katanya, “Baiklah itu semua mengeruhkan pikiran. Tetapi itu pun tak seberapa dibanding kisahku.. Jiwa milikku satu – satunya, jiwa yang menjadi kesayanganku, jiwa yang menjadi hartaku mati di dalam hampa.. Dan senyumku menguap bersama udara..”

Manfaat Blog Bagi Pendidikan

Berikut akan dibahas mengenai manfaat blog bagi dunia pendidikan..

  • Bagi Guru:
    • Dapat belajar bersama – sama dengan murid tentang perkembangan blog.
    • Dapat membantu siswa mengembangkan kreativitas.
    • Lebih mudah melihat kemajuan siswa karena lebih menarik untuk dipelajari.
    • Lebih mudah memberikan bahan ajaran.
  • Bagi siswa:
    • Merupakan ajang untuk mengembangkan kreativitas.
    • Lebih menarik minat untuk belajar.
    • Dapat bertindak sebagai sumber pengetahuan bagi dunia.
    • Dapat mengikuti perkembangan baru dalam dunia komputer.

Tips Menghafal dalam Semalam ^-^

buku.jpgBuat kamu – kamu yang kayaknya susah banget menghafal, aQ punya beberapa tips yang mungkin bisa diikuti..

  1. Segala sesuatunya sudah selesai (misal: selesai makan, selesai tidur, selesai semuanya deh pokoknya!)
  2. Lakukan di waktu yang membuat kamu nyaman (misal:lebih nyaman siang, sore atau malem)
  3. Sebelum menghafal minum segelas air dulu, lebih bagus kalo air hangat..
  4. Siapkan bahan untuk dihafal.
  5. Baca kalimat / rumus yang mesti dihafal.
  6. Liat ke arah lain atau tutup mata sambil mengucapkan kalimat / rumus tersebut
  7. Bila sudah merasa yakin hafal, lanjutkan ke nomor berikutnya.
  8. Lakukan hingga semuanya yakin sudah bisa dihafal.

Selamat mencoba.. 😉 !

Hepatitis

Cuma mau ingetin aja.. Belakangan ini banyak orang yang menganggap bahwa Hepatitis C lebih ganas dibanding Hepatitis B, atau Hepatitis A. Mereka menganggap bahwa adanya huruf – huruf A, B, C, D atau E sebagai tingkat “keparahan” penyakit Hepatitis itu. Sebenarnya hal ini nggak benar, lagi.. Adanya huruf A, B, C, atau E itu merupakan jenis virus yang menyebabkan penyakit Hepatitis itu. Demikian maksudnya.. Hepatitis A disebabkan virus Hepatitis A (VHA), Hepatitis B disebabkan virus Hepatitis B, dan seterusnya. Sampai saat ini, ada lima jenis virus hepatitis (berarti VHA sampai VHE, gitu..), tetapi ilmuwan sedang menyelidiki adanya virus hepatitis baru yang kemungkinan akan dinamakan virus Hepatitis F (VHF) dan virus Hepatitis G (VHG).