SADARI..The Way to Find Out Breast Cancer

SADARI is an abbreviation from PerikSA PayuDAra SendiRI. Ini penting buat kaum wanita untuk mengetahui ada tidaknya kelainan pada payudara. Pemeriksaan dilakukan seminggu setelah haid atau seminggu sebelum haid, dan dapat dilakukan selama 5 menit setiap bulan. Langkah – langkah SADARI sebagai berikut:

  1. Berdiri di depan cermin dengan kedua lengan lurus ke bawah. Perhatikan apakah ada benjolan atau perubahan bentuk dan ukuran pada payudara.
  2. Angkatlah kedua lengan ke atas sampai kedua tangan berada di belakang kepala dan tekan ke depan. Perhatikan apakah ada perubahan bentuk dan ukuran pada payudara.
  3. Tekan kedua tangan pada pinggul dan gerakkan kedua lengan dan siku ke depan sambil mengangkat bahu. Cara ini akan menegangkan otot – otot dada dan perubahan – perubahan seperti cekungan (dengkok) atau benjolan akan terlihat.
  4. Angkat tangan kiri. Rabalah payudara kiri dengan 3 ujung jari tangan kanan. Raba dengan gerakan melingkar searah jarum jam, gerakan naik turun, atau dari bagian tengan ke arah luar. Lakukan hal yang sama pada payudara kanan dengan mengangkat lengan kanan dan memeriksanya dengan tangan kiri.
  5. Tekan pelan – pelan daerah di sekitar putting kedua payudara. Perhatikan apakah keluar cairan yang tidak biasa.
  6. Berbaring dengan bantal di bawah pundak kiri. Letakkan tangan kanan di belakang kepala membentuk sudut 900. Gunakan tiga jari tangan kiri untuk merasakan benjolan atau penebalan kulit pada payudara. Lakukan pemeriksaan seperti langkah yang ketiga.
  7. Perhatikan payudara bagian atas dekat ketiak, karena di bagian itu sering ditemukan adanya tumor. Jika ditemukan ada kelainan atau perubahan, segera periksa ke dokter.

Sumber : Sexology (Kawanku edisi 45 tahun 2006)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s